Ini Dia Kegiatan Para Peserta Kopdar Blogger Jawa Timur Di Kabupaten Bojonegoro

7:11:00 PM

Sumber : Dok. Afrizal Rizkillah
Menjelang akhir Tahun 2016 ini Blogger Bojonegoro mengadakan acara kopdar atau Kopi Darat untuk para blogger blogger yang ada di Jawa Timur. Acara ini di dukung sepenuhnya oleh pemerintah kabupaten Bojonegoro. Dalam acara ini beberapa Blogger Jawa Timur seperti kabupaten Lamongan, Gresek, Tuban, Madiun, Surabaya dan lain lain ikut berpartisipasi menghadiri kegiatan ini di kabupaten Bojonegoro.  (20/11).

Sebelumnya untuk bisa mengikuti acara ini para peserta wajib daftar dan mengisi formulir data diri yang ada di website resmi Blogger Bojonegoro. Setelah melakukan pendaftaran lalu akan dapat informasi dari pihak panitia atau pemberitahuan konfirmasi layak hadir atau tidak. Secara tidak langsung mereka merefiew data diri peserta pendaftar terlebih dahulu seperti tentang nama akun sosial media dan Blog yang dikelolanya.

Tidak seperti biasanya, Dalam kegiatan kopdar kali ini bukan hanya duduk manis menikmati sajian beserta camilan yang di berikan oleh pihak panitia atau ngobrol membahas dunia pemblogeran saja. Melainkan para peserta di berikan pengetahuan tentang perjalanan kabupaten Bojonegoro dari kabupaten terbelakang hingga bisa menjadi salah satu kabupaten percontohan untuk Indonesia. Bahkan saat ini dunia pun telah mengetahui keberadaan kabupaten ini atau  sejajar dengan kota paris, seoul dan kota kota terbaik di dunia.

Lebih jelas lagi rangkain kegiatan dalam acara kopdar Blogger Jatim ini yaitu njugok bareng kang Yoto ( Drs. Suyoto M.Si Bupati Bojonegoro), Mengenal OGP (open Government Partnership) di gedung baru pemkab, Nge-Vlog digedung pemkab lantai 8 paling atas dan nonton bareng konser Raisa di Gofun Thempark dan juga ada lomba live tweete.

Maka dari itu dalam pendaftaran ini beberapa akun sosial media beserta folowernya di wajibkan di isi oleh para peserta kopdar Jatim ini karena adanya lomba live tweete seperti yang telah terangkai dalam informasi sebelumnya yang berhadiah jutaan rupiah. Mungkin jikalau peserta yang tak punya akun sosial media bisa jadi enggak keterima di acara kopdar Jatim ini.  Dan Alhamdulilah saya salah satu peserta yang beruntung di acara kopdar Blogger Jatim ini, Bersama lebih dari 50 orang yang beruntung lainnya.

Pendopo Malwopati 

Peserta menandatangani kehadiran di depan pendopo
Pertama kegiatan dan acara ini bertempat di dalam pendopo Malowopati Bojonegoro di sinilah nantinya para peserta njugok bareng atau duduk bareng kang yoto (Bupati Bojonegoro) dan sekaligus menjadi tempat pertama berkumpulnya para peserta Kopdar Jatim sebelum ke Gofun Thempark untuk melihat konser Reisha dan Lomba live tweete. Sebelum  kang yoto sapaan akrab bupati Bojonegoro hadir atau menemui para peserta, kegiatannya di isi dengan sambutan sambutan dan sekaligus membuka acara kopdar Blogger Jatim di tempat pendopo ini dan juga perkenalan peserta Blogger Jatim.

Di sesion sambutan sambutan, Salah satu isi dalam sambutan kak sela selaku penyenggara kopdar Jatim ini sekaligus sebagai ketua Blogger Bojonegoro mengajak para peserta Blogger Jawa Timur bisa  berkontribusi mengisi konten kedalam blog yang positif untuk membangun kemajuan NKRI. ujarnya.Mengingat saat ini banyak konten konten di Internet maupun di sosial media kususnya saling menghujat satu sama yang lainnya.

Dan sambutan yang kedua sekaligus membuka kopdar jatim ini secara resmi di sampaikan oleh Gus Novi relawan RTIK Jawa Timur. Dalam sambutannya Gus Novi menyampaikan agar blogger blogger yang ada di Jawa Timur kususnya bisa Guyub rukun, Jawa Timur harus terus di pelihara. Pada salah satu kalimatnya ia juga mengatakan, Sebagai Blogger kalau tidak pernah ikut kopdar, ia kurang sah menurutnya. Dan ketika ini para peserta teplok tangan ramai. Bearti saya udah sah ni ya Gus ?

Gedung Pemerintah kabupaten
Gedung Baru Pemerintah Bojonegoro
Setelah serangkaian sambutan sambutan selesai para peserta Blogger Jawa Timur di ajak memasuki gedung pemerintahan kabupaten Bojonegoro yang baru. Gedung ini berada di samping utara pendopo. (kalau ndak salah saya bingung. :). Di dalam gedung ini kegiatannya di ajak untuk melihat lihat isi dalam gedung ini serta menyimak penjelasan penjelasan mengenai gedung sendiri hingga sampai memberikan contoh contoh transparasi anggaran anggaran yang di lakukan kabupaten Bojonegoro.

Ibu Rizki memberi penjelasan di dalam gedung pemkab
Di dalam gedung ini di pandu oleh staf dishub kominfo Ibu Rizki. Di samping beliau  memaparkan permasalahan permasalahan yang ada di Bojonegoro ibu Rizki juga menyampaikan plan pembangunan Bojonegoro yang sudah banyak terealisasi. Dengan semangat ibu rizki menjelaskan secara detail setiap lantai yang ada di gedung ini. Peserta kopdar blogger Jatim dengan hikmatd menyimak penjelasan dari ibu Rizki selaku Dishubkominfo Bojonegoro.

Habis melihat mengamati, merekam dan mendengarkan Ibu Rizki menjelaskan tentang isi yang ada digedung ini beserta tempat tempatnya di gunakan untuk apa saja dan juag membahas tentang kemajuan Bojonegoro saat ini yang mana dulunya adalah salah satu kabupaten terbelakang di jatim dan kini sudah sangat maju sekali. Lalu para peserta kembali lagi di pendopo menunggu kehadiran kang Yoto sapaan akrab bupati Bojonegoro. Sambil menunggu kehadiran bupati Bojonegoro.

Para peserta di berikan Microfon untuk berkomentar terkait gedung yang sudah di masuki tadi dan juga memperkenalkan diri dan saling berkenalan atau menyapa sesama Blogger. Tak lama kemudian akhirnya kang yoto (bupati bojonegoro) menemui para peserta kopdar di pendopo malowopati Bojonegoro.

Di tengah tengah peserta kopdar memperkenalkan diri,  Drs. Suyoto M.si bupati Bojonegoro hadir
Dalam penyampaian atau isi kalimat pidato bupati Bojonegoro ini menerangkan lagi dan menjelaskan tentang dirinya sendiri sebelum menjadi Bupati hingga sampai apa yang membuat ia tertarik menjadi seorang bupati. Dan juga langkah langkah yang di ambil agar kabupaten yang ia kelola menjadi baik seperti saat ini yang mana  Bojonegoro telah menjadi pusat penerang bagi dunia.

Bagi saya yang penting bukan posisi namun apa kotribusi saya kepada dunia. Siapa yang terbaik di antara kita adalah yang memberi manfaat untuk sesama, Enjoy our life, kita akan capai sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.  Drs. Suyoto M.Si atau biasa di panggil kang Yoto ini juga menjelaskan bahwa perjuangan dalam memimpin tidak sekedar From Zero to hero namun From Minus to zero Inilah cuplikan kalimat keren yang di sampaikan oleh kang yoto (bupati Bojonegoro) yang masih melekat di fikiran saya.
Salam matoh dari Blogger Tuban untuk Indonesia. dok. Kang Rambo
 kang Yoto juga mengapresiasi kegiatan kopdar jatim ini sebagaimana ia telah memberi izin dan membantu atas terlaksananya kegiatan ini. Dan banyak memberikan motovasi motivasi kepada peserta Blogger agar lebih produkti dan kreatif. Sugguh kerja sama yang apik antara pemerintah, masyarakat dan pemuda pemudi dan ibu ibu bapak bapak yang hadir di kopdar jatim ini.

Setelah kang Yoto (Bupati Bojonegoro) selesai menemui para peserta kopdar jatim di dalam pendopo malowopati. Seperti yang di janjikan oleh pihak panitia peyelenggara kopdar jatim. para  peserta blogger jatim di izinkan lagi untuk kembali memasuki  gedung pemkab bojonegoro ini untuk nge-Vlog dan mengambil gambar di atas lantai 8 teratas. Di sini para peserta tidak hanya ngevlog dan selfie selfi saja melainkan bisa sepenuhnya menikmati pemandangan kabupaten Bojonegoro.
Di Lantai 8 atas,  Pemkab Bojonegoro. Dua jempol untuk  kang Yoto
Dan ternyata rumput tetangga memang lebih hijau dan segar akan keanekaragaman budaya dan pemerintahannya. Terbukti  di atas gedung ini pun tak seperti biasanya lantainya pun terbuat dari rumput plastik seperti lapangan golf. hehe. Terbukti dengan adanya kegiatan kopdar jatim inilah maksutnya.   Senja pun berangsur angsur meninggalkan dunia kami, Acara pun berlanjut lagi di dunia Go Fun thempark sehabis sholat magrib.

Dunia Go Fun 
Go Fun
Salah satu acara yang di tunggu tunggu dan di nanti nanti para peserta kopdar Blogger Jawa Timur sekaligus menjadikan acara kopdar ini semakin seru dan Amazing adalah bisa melihat performa Reisha di Gofun thempark secara gratis. Di ketahui dari tiket masuk kami yang di berikan pihak panitia untuk masuk ini sebesar Rp. 40.000. Sekali lagi untuk peserta kopdar ini Gratis. Go fun sendiri merupakan salah satu tempat wisata unggulan terbaru yang di miliki Bojonegoro saat ini.

Tadi di awal saya mengatakan pada saat pendaftaran ada akun sosial media yang harus di isi di dalam formulir websitenya Blogger Bojonegoro karena di Go fun inilah ada perlombaan live tweete. Mungkin kalau belum mempunyai akun sosial media atau di anggap pihak penyelenggara akun yang tak jelas maka bisa juga berakibat tidak bisa ikut serta menghadiri acara ini. Bagi yang kurang beruntung jangan bersedih ya ?

Namun mohon maaf ketika saya berada di dunia Go fun Themepark ini kita sudah kecapekan alias sudah tak berdaya lagi. Jadi ngak tahu siapa pemenang dari lomba live twite ini. Dan di katakan dari sosial media twitter juga ada pengundian hadiah dari Go Fun sendiri. Hadiahnya berupa satu buah mobil.  Di Go fun  ini pun kang Yoto  bupati bojonegoro juga menghadiri acara ini.

Ternyata kita seumuran ya hiks, Ada yang tahu mana yang saya ?
Seperti jadwal yang sudah di rencanakan sebelumnya acara ini di mulai dari jam satu siang hingga usai pada malam hari akan tetapi menunggu teman teman yang lain datang sekitar jam dua acara ini baru di mulai. Hingga berakhir pada jam sebelas malam kurang lebihnya. Namun karena saya besoknya masuk nguli-ahg alias kerja saya dan rekan saya tidak mengikuti acara hingga usai.  Takut kemalaman dan terjadi sesuatu yang tidak kami inginkan sehingga pada pukul sepuluh  malam kurang lebihnya kita sudah meninggalkan Gofun ini. Maaf ya.
  
Kang Yoto seorang bupati yang merakyat, Lihat tuh yang baju merah itu.
Nah,, kegiatan kopdar Blogger Jawa Timur yang bertempat di kabupaten Bojonegoro pada hari minggu 20 november 2016 ini kurang lebih seperti inilah rangkain acara dan kegiatanya dan  kiranya ada kata kata dan tingkah kami yang kurang berkenaan mohon maaf  yang sebesar besarnya. Saya hanya bisa  mengucapkan banyak banyak terimakasih atas jamuannya untuk Blogger Bojonegoro, Pemkab Bojonegoro dan para pendukung lainya (Realfood Go fun) atas terlaksananya acara kopdar Jatim ini,

Pendopo dan gedung sudah di depan mata, E,, malah menjauh. Gendeng arek iki.
Semoga di tahun tahun selanjutnya bisa lebih yang MATOH lagi dan bisa mengundang seluruh Blogger Blogger yang ada di Indonesia. Awalnya kita standbay dan menunggu kawan kami dari Tuban di alon alon Bojonegoro sebelum tahu letak lokasi kopdar namun anehnya kita malah menjauh menuju rumah sakit nu ?  (tunggu cerita perjalanannya di epesode di lain waktu). Saya akan mengingat pesan singkat yang matoh sekali dari Kang Yoto (Bupati Bojonegoro) jangan lupa bahagia lampaui batas maksimalmu". Selanjutnya

  • Share:

You Might Also Like

8 komentar

  1. Wah seunya..
    Entah kapan nih di Kendari ada event untuk blogger juga.. sepiii..Huhuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Tunggu aja bu irli. Semoga Ada event untuk blogger2 yang Ada di daerah kendari Hehe

      Delete
  2. wah..seru ya..... aku jauh ..makanya ga pernah kopdar..kopdaran hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Sabar ya mbak semoga di daerahmu Ada kopdar kopdaran juga hehhehe

      Delete
  3. Wahh seru juga yah mas, jadi iri.. Andai aja dikota saya ada komunitas blogger seperti ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya seru banget kang, hehehe masak belum ada mas komunitasnya mas di kotamu ?

      Delete
    2. iya nih, bikin iri. di kota saya juga gak ada komunitasnya kayaknya. salam dari kebumen, jawa tengah gan

      Delete

Demi kenyamanan bersama berkomentarlah yang relavan. Terimakasih kunjungan Anda