Berikut Ini Fakta Musik Dangdut Yang Jarang Di Ketahui

10:12:00 PM





Perjalanan musik dangdut yang penuh dengan kontroversi dan banyak yang bilang musik kampungan nyatanya musik ini masih bergelora di seantero Indonesia bahkan telah mendunia. Sekarang musik ini sering kali hadir di televisi televisi Indonesia. Banyak juga televisi yang menayangkan acara musik dangdut ini dengan berbagai tema seperti bintang pantura di Indosiar.

Bahkan kususnya di Jawa Timur sendiri musik dangdut menjadi salah satu musik yang paling di gemari masyarakat. Nah untuk lebih dalam berikut ini penelusuran fakta tentang musik dangdut dari berbagai sumber dari dunia nyata dan dunia maya.


  • Musik Asli Indonesia 

Salah satu jenis musik tradisonal yang asli Indonesia ya dangdut ini, Musik rock, jazz, pop sebenarnya bukanlah milik Indonesia. Seperti salah satunya adalah  musik rock yang berasal dari amerika serikat.

Jenis musik dangdut ini kemunculannya sekitar era 70 an seiring perkembangan zaman musik dangdut melahirkan jenis musik dangdut  yang di sebut dangdut koplo seperti kebanyakan group musik yang ada di jawa timur sekarang ini.


  • Di Sukai Sampai Luar Negeri

Memang tak semua orang Indonesia menyukai jenis musik dangdut namun banyak juga yang suka dan tidak hanya orang indonesia saja yang suka. Bahkan salah satu negara ada yang membuat group musik dangdut tepatnya di negara Jepang bernama OM RANEMA ( Orkes Melayu Rakyat Negeri Matahari). Ada juga Funkot yang memasukan unsur unsur dangdut dan campur sari yang sangat terkenal di jepang.

Musik dangdut memang jenis musik yang bisa di adopsi dari berbagai jenis musik bisa masuk kedalamnya. Tak heran jika seringkali pada saat pentas di panggung tidak hanya pada lagu lagu dangdut saja yang di mainkan melainkan semua lagu bisa di nyanyikan kedalam musik dangdut.

  • Senjata Pemanggil Masa

Dangdut yang kerap di gunakan untuk meramaikan sebuah acara acara mulai dari acara pernikahan di desa desa, Tasyakuran para nelayan, Memperingati hari kemerdekaan sampai acara yang berbau politik. Bukan tak mungkin lagi musik ini seringkali di gunakan alat kampanye untuk mendatangkan masa karena penggemar jenis musik ini tergolong sangat  begitu banyaknya. 

Apalagi mengundang group group musik dangdut  yang sudah terkenal dan penyannyi penyannyi yang lagi hits serta di tambah lagi dengan biaya masuk yang gratis. Pastinya banyak masa yang pada berdatangan tak perlu mengundang masa dengan bersusah payah cukup menghadirkan masuk dangdut ini saja.

  • Bikin Sehat dan Bikin Hati Senang

kalau kamu suka dangdut dan  bergoyang pasti berasa seperti ikut berolah raga atau seperti senam yang membuat badan jadi keringetan dan jantung jadi lebih sehat. Seperti yang terdapat pada lagunya cita citata yang berjudul ayo "goyang dumang" biar hati senang pikiran jadi tenang. Lirik lagu lagu dangdut seringkali membuat suasana pendengarnya jadi senang dan sejenak melupakan masalah yang ada.

Pada umumnya segala jenis musik memang membawa pengaruh tersendiri bagi pendengarnya, Misal ketika seseorang jenuh setres musik seringkali di putar sebagai penenang sementara. Mungkin kamu salah satunya penikmat musik yang seringkali mendengarkan ketika lagi galau. Gimana rasanya kalau memutar lagu lagu yang kita sukai bikin hati senang Toh. ndak galau lagi toh :)


  • Sudah Jarang Lagu Asli 

Sekarang musik dangdut ini memang jarang banget yang menyuguhkan lagu  asli dangdut, Tidak layaknya dulu yang mempunyai lagu lagu dangdut asli yang memiliki maknet tersendiri yang mengena banget terhadap para penikmatnya. Seperti lagunya imron sadewo dengan lagu kandas yang hingga kini sering di mainkan. wah Jos tenan lagu lama ini.

Kebanyakan musik dangdut saat ini telah bercampur dengan lagu lagu pop dan lain lain. Inilah yang menjadikan musik dangdut ini banyak pengemarnya, Tidak hanya bervokus pada pakem lagu lagu dangdut saja melainkan  sudah di adopsi dengan lagu lagu lain, selain lagu asli dangdut.

  • Punya Goyangan Yang Khas

Dulu setiap para penyanyi penyanyi dangdut mempunyai goyangan yang khas sendiri sendiri, DI mulai dari inul darahtista dengan goyang ngebor, Uut permatasari dengan goyangan ngecor dan anisa bahar dengn goyang patah patah.  Yang penuh dengan kontroversi di semua kalangan masarakat di era duaribuan lalu. Terlepas dari goyangan yang seronok itu sekarang sudah tidak begitu lagi terhadap goyangan yang seronoh oleh para penyannyi.

Sekarang lebih kepada para penikmatnya yang menyukai musik ini, Seperti di Jawa Timur ini kususnya. Mereka banyak mendirikan komunitas komunitas dengan goyangan yang khas. Seperti yang telah kita ketahui ada yang namanya PGDK (pasukan Goyang Dangdut Koplo), PGD (Pasukan Goyang Damai) dan lain lain, yang memiliki goyangan yang khas.

  •  Dangdut Juga Punya Raja

Tak hanya Dimas kanjeng saja yang di kabarkan punya kerajaan atau yang menjadi raja di padepokannya sana yang lagi tranding topik saat ini  kususnya di departemen keuangan  :) Atau Amerika saja yang mempunyai Raja Pop bernama Michael Jacshon.  kita pun mempunyai seorang raja dangdut yaitu Rhoma Irama dengan group yang fenomenal Soneta namanya .

Rhoma irama inilah seniman musik dangdut pertama yang mengibarkan bendera di era 70 an. Bahkan  pada waktu dulu di dalam groupnya ia  melarang musisinya untuk meminum, berjudi, dan lain lain. Jika larangan itu di abaikan harus mau di keluarkan dari groupnya.


  • Ahli Dangdut Dari Amerika
Sumber : Youtube.com


Namun anehnya musik dangdut yang asli Indonesia ini, Dari berbagai sumber mengungkapkan yang ahli dangdut justru malah orang Amerika bernama profesor Andrew Weintraub. Seperti yang di lansir brio.net.

Dia melakukan penelitian seluk beluk tentang musik dangdut sejak tahun 1984 saat dia masih kuliah program sarjana. Bukan tidak mungkin lagi profesor ini sangat ahli dalam musik dangdut dengan selang waktu yang begitu lama itu. Ia pun pernah menulis buku dangdut stories : A social and musical history of indonesia's most popular music.


  • Musik Sejuta Umat

Tidak hanya sebagai identitas sebuah negara tetapi dangdut juga membuktikan musiknya di terima di semua kalangan masarakat dan  telah mendunia. Buktinya sekarang dangdut selalu ada di televisi televisi (Indonesia). Bahkan banyak juga setiap acara acara televisi yang menyajikan lagu lagu dangdut. dan banyak pula yang mulai ketagihan dengan musik dangdut ini.

Seperti pada vidio di bawah ini yang di pancarkan langsung dari jepang sana. Membuktikan bahwa musik dangdut tidak hanya di indonesia saja melainkan sudah melalang buana di berbagai belahan dunia.





  • Di daftarkan DI UNESCO

Di kutip dari Entertainment.kompas.com. Untuk mendapatkan pengakuan bahwa musik ini benar benar asli Indonesia harus di daftarkan terlebih dahulu dan Dangdut pun kini telah di daftarkan untuk Unisco dan sedang menunggu antrian ujar ike nurjanah yang tampil di kafe Jammin' java di vienna, virginia AS pada 4 september lalu.  Mudah mudahan antriannya lebih dekat terangya. 


kita yang sebagai orang Indonesia tentu tak mau dong kalau jenis musik ini di aku akuin atau di klaim milik bangsa lain, Seperti yang sudah sudah oleh karenaya kita sebagai orang Indonesia haruslah banggga terhadap seni musik dangdut ini yang ada di Indonesia dan asli Indonesia ini.  Maju terus jadilah musik yang patut di banggakan. Dangdut is the music my country.








  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

Demi kenyamanan bersama berkomentarlah yang relavan. Terimakasih kunjungan Anda