Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah

12:06:00 AM




Malam ini begitu indah semerbak bunga yang merekah di tanam sanubari terpancarkan oleh  sinar rembulan. Walau pun sebenarnya tiada rembulan yang bersinar karena malam ini ialah malam satu syawal,  bulannya masih kecil tiada bersinar namun itu hanyalah sebagai bentuk kiasaan untuk malam ini karena  Saya pun tak bisa mengungkapkan dengan kata kata seperti para pujangga hanya sekedar mengisi waktu menjelang bobok ini.

Ya malam ini tak lain adalah malam kemenangan bagi seluruh umat muslim dunia. Malam ini indonesia kususnya semuanya pada mengumandangkan kalimat takbir, takmid dan tasbih sebagai tanda syukuran  kebahagian kepada sang kholik.

Mengapa malam ini di katakan malam kemenangan ? karena sebulan penuh kita (umat muslim) menjalankan ibadah puasa wajib di bulan suci ramadhan . Setiap akhir bulan atau pada saat malam satu syawal (1 syawal 1437 hijriyah)  itulah yang di katakan malam kemenangan bisa juga di katakan malam hari raya. Sebelumnya,  Di Tuban pada umumnya pada saat mengijak bulan ramadhan mereka banyak yang mengisi kegiatan kegiatan yang positif. Selain Tadarusan, Bagi bagi sedekah dan Lainnya


Seni tradisional ini pun turut andil didalamnya tak lain yaitu musik Tongklek. Nah pada malam ini Tongklek pun tidak hanya di fungsikan hanya untuk mengugah makan sahur,Lomba saja , Seperti yang sudah pernah saya tulis disini akan tetapi di fungsikan juga sebagai pelengkap, Meramaikan malam yang penuh kemengan suka cita ini. Tak lain adalah di buat acara meramaikan Takbiran atau takbir keliling kampung dengan Musik tongklek. 

Seperti yang ada di desa Tlogowaru ini. Selain dengan musik tradisional ada juga dengan pawai obor. Dan di tambah lagi ada pemberian hadiah kepada masyarakat atau  bagi yang mengikuti acara takbir keliling ini.  Pokoknya rame banget dehh sobat.

untuk kegiatan ini, Nantikan di malam selanjutnya untuk lebih detail karena saya capek mengikuti acara takbiran ini selain itu saya juga salah satu pemain di dalamnya jadi banyak alasan untuk menyudahi coretan saya malam ini. Sementara udah dulu ya saya mau tidur takut kesiangan tidak bisa bangun pagi.



Nah sebelum sinyal hilang, Sebelum sms pending atau mungkin saya di sibukan oleh pernak, pernik kehidupan dunia atau mengikuti jalannya hari raya yang biasanya mencari sanak keluarga menyambung tali silaturohmi.  Izinkan saya untuk berucap “  Minal aidhin wal faizin” Mohon maaf lahir dan batin. Kepada seluruh yang ada di jagat maya ini dan juga para pemirsa yang udah mampir di blog saya ini.

 Allahu Akbar Allahu Akbar la ilaaha illaa Allahhu Allahu Akbar Allahhu akbar wa Lillah il-hamd”

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Demi kenyamanan bersama berkomentarlah yang relavan. Terimakasih kunjungan Anda