Inilah Semarak Festival Lomba Tongklek 2016 Di Alon-alon Tuban

2:32:00 AM




Tongklek atau musik patrol ini merupakan sebuah musik tradisional yang  biasanya hanya di mainkan ketika bulan puasa tiba lebih tepatnya dimainkan untuk menggugah atau membangunkan  orang makan sahur.  Seiring peradaban zaman modern sekarang ini Tongklek di Tuban tidak hanya di mainkan pada waktu bulan puasa saja akan tetapi sudah tak terperikat oleh waktu. Kususnya Tuban, Tongklek ini kini menjadi salah satu musik yang seirama dengan musik modern layaknya sebuah musik ndangdut dan sejenisnya yang bisa di buat untuk meramaikan sebuah acara acara seperti Resepsi, khitanan, khajatan dan sebagainya.

keberadaan musik Tongklek di Tuban oleh Pemkab tidak hanya di pandang sebelah mata, Baik dari para komunitas atau pun para pelaku pecinta seni tradisional Tongklek sendiri, Ini terbukti dari tahun ke Tahun Tuban selalu menyelenggarakan Fetival Lomba Tongklek yang besar dan meriah baik dari tingkat kecamatan hingga kabupaten. Sepeti yang telah di laksanakan pada hari jum’at malam sabtu (24/6/16) kemarin bertempat di Alon-alon Tuban yang di selenggarakan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nakhdatul ulama (PC IPPNU) kabupaten Tuban.

Ribuan masyarakat Tuban  hadir di Alon-alon  Tuban, Terpesona dengan salah satu penampilan group
Festival lomba tongklek ini di mulai sekitar  pukul 22.00 wib dan berakhir pada jam 03.00 wib kurang lebihnya. Lomba ini di ikuti sekitar 50 group musik dari seluruh group group Tongklek yang ada di Tuban.  Dalam penilaian lomba ini di mulai dari suara musiknya, pakaian, kekompakan, background dan lain lain. 

Awal penilaian Tongklek ini satu persatu (Group) menunjukan  kreasi musiknya di hadapan para juri yang di batasi oleh durasi waktu setelahnya baru tongklek ini di suruh berjalan (layaknya Gerak jalan) sambil memainkan musik sepanjang jalan yang sudah di tentukan oleh panitia. 

Salah satu group Tongklek sedang unjuk gigi di depan para juri dan penonton, Setelahnya berjalan mengikuti rute
Untuk alat alat musik dari group group Tongklek yang ada di Tuban ini sekarang sudah di tambah dengan musik tradisional lainnya yang memiliki nada seperti Gamelan, Gong dan Bonang dan lainya tidak hanya berpaku pada alat alat tongklek dulu, Misal kentongan atau pun beduk dan sejenisnyaDi sinilah letak kreasi yang dapat dinilai karena dari masing masing group tentu memiliki suara musik atau bisa menciptakan sebuah suara yang berbeda beda. 

Akhir dari puncak festival lomba tongklek ini yaitu pemberian hadiah bagi para pemenang. Untuk para pemenang pada Lomba tahun ini diraih oleh group atau paguyuban Tongklek yang memiliki nama group Malem Songo untuk juara 1 dari kecamatan palang, Juara 2 di raih oleh Rekso Budoyo dari kecamatan plumpang dan juara 3 di raih oleh group Mojoagung dari kecamatan Semanding. Dalam penerimaan hadiah untuk juara 1 sebesar 2 juta dan mendapatkan piala, beserta sertifikat, juara 2 menerima uang sebesar 1,5 juta dan untuk  juara 3 menerima uang sebesar 1 juta. 

Masing masing group memiliki sebuah simbol seperti yang terlihat pada beberapa foto
Itulah kemeriahaan semarak festival lomba Tongklek yang ada di Tuban tahun ini yang berhasil saya potret di tengah tengah keribunan penonton yang di selenggarakan  pada malam sabtu kemarin di Alon-alon Tuban. Dan kami mengucapkan selamat bagi para pemenang festival lomba Tongklek tahun ini. Nah,, untuk Anda yang belum pernah mendengarkan suara musik tongklek yang ada di Tuban sama sekali  bisa lihat di youtube disana sudah bertebaran musik Tongklek Tuban ini.

Baca juga : 

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. saya br tau klo yg tatalu bangunin sahur itu disebut tongklek...
    seru ya ada festivalnya

    ReplyDelete

Demi kenyamanan bersama berkomentarlah yang relavan. Terimakasih kunjungan Anda